10 jajanan unik khas jawa barat dengan nama awalan ci

Kreativitas tiada henti dari warga jawa barat dalam bidang kuliner terus saja menambah daftar jajanan khas yang mewakili cita rasa daerah jawa barat. Jajanan biasa yang banyak ditemui di sekolahan dan berbahan dasar tepung kini sudah mulai merambah ke ranah cafe dan resto. Hingga akhirnya jajanan tersebut menjelma menjadi jajanan yang hits dengan berbagai bentuk maupun rasanya yang memiliki level-level tertentu. 

Namun diantara itu semua, ada yang menjadi pembahasan tersendiri dalam blog sekedarmisteri ini yaitu masalah nama jajanan tersebut. Salah satu dari sekian banyak keunikan tersebut adalah banyaknya jajanan yang namanya berawalan dari "Ci". Penasaran? Berikut ini ada 10 nama jajanan khas bandung yang berawalan "Ci"

1. Cilok
Cilok, Ya namanya adalah cilok. Jajanan yang terbuat dari tepung ini memiliki bentuk yang sama dengan bakso. Kalau dahulu cilok hanya bisa ditemukan di jawa barat dan penikmatnya juga berasal dari jawa barat, kini tidak lagi karena semua warga negara indonesia bisa merasakan gimana rasanya cilok itu. Cukup searching di market place semisal tokopedia atau bukalapak atau shopee maka siapapun bisa merasakan jajanan legenda sejak kemunculannya di tahun 97-98 ini. Sejarah singkat terciptanya cilok ini  diawali dari krisis moneter yang cukup hebat, para pedagang bakso yang kesulitan mendapatkan bahan baku daging karena harganya yang mahal segera berinovasi dengan memilih tepung sebagai penggantinya dan duarrr... jadilah cilok

2. Cimol
Muncul nyaris berbarengan dengan cilok, cimol ini juga berhasil mencuri perhatian dari masyarakat pecinta jajanan murah meriah. Mempunyai cita rasa lebih sederhana dari cilok, cimol ini hanya terbuat dari bahan baku tepung yang hanya satu jenus berbeda dengan cilok yang terbuat dari dua jenis tepung yang berbeda. Hal ini pula yang menyebabkan cimol memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan cilok. Begitupun cimol ini punya fanbase yang terkenal fanatik loh. hehehe..

3. Cimplung
Nah kalo ini namanya cimplung, bentuknya bulat dan terbuat dari ketan yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi kalis. Setelah kalis lalu dibentuk bundar dan bagian dalamnya diisi dengan gula merah cair. Mirip klepon tapi mirip gemblong tapi namanya cimplung. Jadi bingung ya kita, tapi ya itulah yang namanya cimplung dan bila ditilik dari unsur nama cimplung mungkin diambil dari suara saat cimplung dimasukkan kedalam minyak panas dan menimbulkan bunyi "cimplung" ( mungkin  loh ya :D)

4. Cipuk
Cipuk ini merupakan transformasi dari remahan kerupuk mentah yang berfusion dengan tepung terigu atau tapioka lalu diolah menjadi wujud baru bernama Cipuk. Nah kalau dahulu remahan kerupuk mentah itu dibuang, tapi ditangan kreatif warga jawa barat yang berpendapat bahwa tidak ada hal yang tidak berguna, maka remahan yang biasa dibuang itu malah menjelma menjadi jajanan yang cukup digemari masyarakat.

5. Cilor
Cilor ini merupakan pendatang baru di dunia jajanan mania. Berawal dari keluhan para jmania yang mengatakan kalau jajanan khas yang ditawarkan para pedagang ini kurang memiliki nilai nutrisi, maka lagi-lagi ditangan pedagang inovatif ini segera bereksperimen dengan menambahkan telur ke dalam bahan utama dan buummm jadilah cilor. Dan segera menjadi primadona baru di lidah para jajan mania. 

6. Cipet
Mungkin bisa kita biolang bahwa ide dasar dari cipet ini adalah batagor karena memang mirip tetapi berbeda. Dimanakah bedanya? Bedanya adalah bahwa cipet ini merupakan tahu isi aci. Loh kok bisa namanya cipet? yaiyalah karena cipet ini singkatan dari aci ke cepet atau aci berada diantara tahu atau acinya dicepet oleh tahu. Gimana sih jelasinya.. hmm.. gini deh kalo batagor itu tahu isi bakso maka cipet ini tahu isi aci. Lantas aci itu apaan? aci adalah tepung kanji yang diuleni hingga kalis. Sekian dan terimakasih.. :D

7. Cireng
Cireng ini merupakan jajanan yang terbuat dari tepung tapioka yang diseduh dengan air lalu digoreng. Kalau mau memakannya sangat dianjurkan menggunakan saus tomat atau cabai atau apalah sesuai selera anda karena bisa dibayangin kan tepung tapioka digoereng itu rasanya kayak gimana. Tapi kini yang patut diacungi jempol dari prestasi cireng ini bila dibandingkan jajanan sejenis lainnya adalah bahwa cireng inilah yang paling banyak memiliki varian nama dan rasanya. Mulai dari saus yang beraneka ragam seperti  saus pecel, saus cuka laksana saus pempek palembang hingga saus pedas dengan level tertentu.  Bukan hanya saus yang beraneka ragam, namanya juga menjadi keren diantaranya adalah cireng cinta. Luar biasa bukan.. hmmm...

8. Cipeng
Cipeng ini merupakan perwujudan lain dari cireng yang diubah bentuk menjadi gepeng sehingga namanyapun berubah menjadi cipeng alias "cireng gepeng". Bentuk evolusi ini terpaksa dilakukan karena para pedagang cireng ini tidak ingin rugi jika dagangannya tidak laku sehingga cireng ditranformasikan menjadi cipeng agar bisa lebih tahan lama dan bisa dijual kembali. Prosesnya dengan menggepengkan cireng lalu digoreng kembali dan jadilah cipeng. Luar biasa bukan ide kreatif dari para pedagang ini, salut dan jempolah deh..

9. Cibay
Sebelumya tolong para pembaca lebih fokus dan konsentrasi sebab jajanan ini adalah makanan yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan adonan dari tepung tapioka yang selanjutnya terpaksa harus dicempungkan ke dalam minyak panas sehingga terciptalah cibay yang sensasi dimulut seperti mozarela yang ndelewer saat dimakan. Cuma rasanya berbeda, itu aja kok. Kenapa namanya cibay sih? jawabnya ada diujung langit eh salah.. karena ketika jajanan ini dimakan maka dia akan "ngegabay" alias melambai alias ndelewerlah kalo kata orang jawa.

10. Cimin
Nah kalo cimin ini sih lebih kepada cimol yang bentuknya kotak-kotak dan digoreng bersama telur ayam. Itu aja kok, simpel kan? Pokoknya bahan sederhana tapi diolah oleh tangan-tangan kreatif maka akan diperoleh jajanan yang kreatif pula. Tolong dibaca dengan teliti cimin, jangan diplesetkan menjadi micin. Thanks gaes..

10 jajanan unik khas jawa barat dengan nama awalan ci
Sumber gambar : google

Related Posts

10 jajanan unik khas jawa barat dengan nama awalan ci
4/ 5
Oleh