Urban Legend dari Merauke Indonesia Timur

Muting adalah sebuah desa yang ada di merauke yang dekat sekali dengan perbatasan Indonesia-Papua New Guinea. di desa Muting ini terdapat urban legend yang secara turun temurun dipercaya oleh penduduk desa itu. Berikut ini adalah beberapa urban legend yang cukup terkenal di sana.

SPOK, yaitu sebutan buat hantu yang sangat terkenal di desa Muting dan sekitarnya. Spok ini biasanya muncul di hutan pada siang hari dan bentuknya itu manusia yang memakai dedaunan sebagai bajunya, tapi tubuhnya tinggi, besar dan hitam. Belum ada kejelasan apakah spok ini mengganggu ataukah hanya sebatas penampakan saja. Tapi sejauh ini sebutan spok ini malah menjadi umum untuk menggambarkan hantu di desa Muting. 

SUANGGI, yaitu sebutan bagi dukun ilmu hitam di papua yang memiliki kemampuan untuk menyantet orang dari jarak jauh. suanggi ini juga bisa berubah bentuk menjadi hewan apa saja dan masuk kedalam rumah siapa saja yang dia inginkan dan mencelakai orang yang tinggal di dalam rumah tersebut. Nah di dalam masyaarakat Muting sendiri, suanggi ini dianggap sebagai orang yang memakan daging manusia lain dari jarak yang jauh. Dan lama kelamaan orang yang telah dimakan dagingnya akan mati karena sakit. 
KUPUK, merupakan sebutan bagi hantu yang postur tubuhnya pendek, putih dan jalannya sangat cepat. Sudah banyak yang menjadi korban kupuk di desa Muting ini bahkan hingga kini korbannya masih hidup dan bisa menceritakan kejadian sebenarnya. Makanya warga desa muting ini selalu diminta hati-hati saat berjalan agar tidak menjadi korban kupuk. Kupuk ini suka menabrak korbannya, dan jika ada yang kena tabrak maka tubuhnya akan memerah seperti tertabrak benda keras. Namun kini sebutan kupuk malah menjadi bahan candaan warga Mutung kepada orang yang memiliki tubuh pendek. " kamu pendek seperti kupuk saja" begitu kira-kira.
Demikian beberapa kisah legenda dari tanah papua yang semakin meramaikan cerita seram dari papua. Kirim kisah seram milikmu ke sekedarmisteri@gmail.com dan akan kita tayangkan di blog ini. Jangan lupa sertakan nama kamu dan dari daerah mana asalnya. Terimakasih
cerita hantu dari papua paling seram
Sumber : Pengalaman Pribadi

Related Posts

Urban Legend dari Merauke Indonesia Timur
4/ 5
Oleh

1 komentar: