Jenis Minuman Penghuni Neraka

Berikut ini adalah empat jenis minuman yang disediakan bagi para penduduk neraka : 

1. Hamim

Abdullah bin Isa Al-Kharaz memberitakan dari Daud, dari Ikrimah, bahwa Ibnu Abbas berkata, " Hamim adalah panas yang membakar." AlHasan dan As Sad berkata, " yang panasnya mencapai puncaknya."

Juwaibir berkata dari Adh Dhahak, " Mereka diberi minum dari air panas, yang mendidih sejak hari ketika Allah menciptakan langit dan bumi sampai pada hari ketika mereka meminumnya dan dituangkan ke atas kepala mereka."

Allah berfirman, " Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air mendidih yang memuncak panasnya." (QS Ar-Rahman : 44)

2. Ghassaq

Ibnu Abbas berkata, " Ghassaq adalah sesuatu yang mengalir dari kulit dan daging orang kafir." Beliau juga menuturkan bahwa Ghassaq adalah Zamharir (rasa dingin), yang dapat membakar karena dinginnya yang teramat sangat. 

Abdullah bin Amru berkata, " Ghassaq adalah nanah kental yang seandainya diteteskan dibelahan barat, maka ia akan mencemari hingga ke belahan timur, dan jika diteteskan di belahan timur maka ia akan mencemari hingga ke belahan barat."

Diriwayatkan oleh Daraj dari Abu Al-Haitsam dari Abu Sa'id bahwasannya Nabi Salallahu'alaihi wasallam bersabda : " Seandainya satu timba Ghassaq tersebut ditumpahkan ke dunia, niscaya seluruh penduduk duia akan mencium bau busuknya." (HR. Imam Ahmad, At-tirmidzi, Al-Hakim dan beliau menshahihkannya) 

"mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, selain air yang mendidih dan nanah." (QS. An-Naba' : 24-25)
Berdasarkan QS. An-Naba' ayat 25 dan 25 teranglah bahwa para penduduk  neraka terlarang dari kesejukan kecuali Ghassaq dan juga terlarang dari minuman kecuali Hamim.

3. Ash-Shadid

Mujahid berkata, " Wa Yusqa min ma'in shadid, yakni nanah dan darah." Qatadah berkata, " Wa Yusqa min main shadid, yaitu apa yang mengalir diantara daging dan kulitnya."

Imam Ahmad At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Umamah, mengenai firman-Nya, " Wa yusqa min ma'in shadid." Nabi bersabda, " ia didekatkan kepada air nanah tersebut, lalu ia pun meminumnya dengan terpaksa. Apabila air nanah tersebut didekatkan, wajahnya akan terbakar, kulit kepala dan rambutnya berjatuhan. Jika ia meminumnya, air tersebut akan memotong-motong ususnya hingga keluar dari duburnya."

4. Air seperti Al-Muhli

Imam Ahmad At-Tirmidzi meriwayatkan mengenai firman-Nya, "kalmuhli," Beliau bersabda, "Kerak Minyak, Jika didekatkan ke wajahnya, maka kulit wajahnya akan jatuh ke dalam minyak tersebut."

Ali bin Abi Thalhah menuturkan bahwa Ibnu Abbas berkata,"Hitam seperti kerak minyak." Begitu pula seperti yang dikatakan oleh Said bin Jubair dan selainnya.
neraka jahannam
sumber gambar: google

Related Posts

Jenis Minuman Penghuni Neraka
4/ 5
Oleh