Makanan Pelancar ASI

Makanan Pelancar ASI – Tak akan bisa dipungkiri lagi bahwa peran ASI sangat penting bagi tumbuh kembang bayi. Selain  merupaka makanan terbaik di atas makanan‑makanan yang lainnya, ASI adalah menu yang tak tergantikan. Namun adakalanya pada beberapa ibu yang sedang menyusui mengalami masalah dalam pengeluaran ASI. Asi tidak lancar atau sedikit sekali adalah masalah utamanya.

Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi kedepannya. Berikut ini adalah ragam makanan yang akan dapat mengoptimalkan keluarnya ASI :

Daun Katuk
Komposisi protein, kalium dan fosfor pada daun katuk baik untuk memperlancar ASI. Seperti hasil penelitian dari Sa’roni, Tonny Sadjimin, Mochammad Sja’bani dan Zulaela di Sleman, Yogyakarta (2004) menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi daun katuk, volume ASI bisa meningkat hingga menyentuh prosentase sebesar 50%. Daun katuk dapat diolah menjadi sayur bening atau ditambah dengan jagung.

Kacang Almond
Kandungan kalsiumnya sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI, sehingga akan mempermudah mencukupi kebutuhan ASI eksklusif untuk bayi.

Asparagus
Kandungan gizi pada asparagus sangat bermanfaat buat ibu menyusui, dimana kandungan asam folatnya yang tinggi dan sangat baik bagi kondisi tubuh. Penyajian Aspargagus bisa dimasak sebagai sup dan dikonsumsi ketika makan siang ataupun makan malam.

Pepaya
Buah pepaya ini termasuk dalam kategori makanan yang mampu memperbanyak ASI, karena ia memiliki kandungan 33% vitamin dan 50% kalium lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Bayam
Enzim phytoestrogens yang terkandung dalam bayam sangat bermanfaat sehingga bayam sangat baik dijadikan makanan pelancar ASI. 

Edamame
Kandungan vitamin K,  asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium yang ada dalam edamame sangat baik untuk menambah ASI.

Habbatussauda (Jinten Hitam)
Kandungan yang terkombinasi asam lemak yang tidak jenuh dan memiliki struktur hormonal yang adadalam minyak habbatussauda mampu melancarkan peredaran ASI. Di samping itu, habbatussauda juga mampu menjaga stamina ibu menyusui seiring bertambahnya tanggung jawab merawat si kecil dan menyelesaikan pekerjaan rumah.

Semangka
Kadar air yang tinggi pada semangka jaga baik untuk asupan cairan tubuh. Semangka juga kaya vitamin A dan C, kalium serta asam folat.

Kacang Hijau
Seperti kita ketahui jika mood yang baik pada ibu menyusui akan memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI. Nah, kacang hijau selain  bisa menstimulus hormon oksitosin, juga memiliki kadar tiamin atau vitamin B1 yang mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

Daun Pepaya
Rasanya yang “unik” cenderung pahit  membuat daun pepaya kurang dilirik oleh orang. Padahal, daun pepaya menjadi solusi yang cukup baik sebagai makanan pelancar ASI.

Pare
memiliki  rasa yang sama dengan daun pepaya namun kaya akan vitamin C dan anti oksidan tidak serta merta menjadikan pare sebagai pilihan karena masalah "rasa". Jika menelaah secara lebih mendalam, pare ternyata sangat berguna untuk ibu menyusui yang terjangkit keluhan diabetes mellitus karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain manjadi obat diabetes militus, Pare juga dikenal sebagai antikanker, antibiotik antivirus, dan pembasmi cacing usus.

Kacang-Kacangan
Kacang merah atau kacang hitam selain diperkaya zat besi juga mengandung kadar protein non hewani yang tinggi dan kandungan itu bisa membuat kacang merah atau kacang hitam menjadi prioritas untuk dikonsumsi setidaknya seminggu tiga kali atau lebih karena memang makanan ini sangat baik untuk ASI.

Beras Merah
Sehabis melahirkan biasanya ada upaya dari ibu menyusui agar berat badannya menurun. Padahal kehilangan berat badan yang terlalu cepat justru menyebabkan turun pula produksi ASI sehingga Ibu akan merasa letih dan lesu. Mengonsumsi beras merah bisa menjadi jalan keluar untuk tetap menjaga kebugaran pada masa menyusui.

Telur
Makanan Pelancar ASI ini tentu sangat familiar di telinga. Telur bisa memenuhi kebutuhan protein harian, selain itu kandungan protein yang terdapat pada kuningnya bermanfaat untuk tulang dan pertumbuhan tulang bayi Anda.

Jagung
Rebusan maupun sup berbahan baku jagung tidak hanya menjadi makanan pendamping nasi. Jagung juga bisa menjadi Makanan Pelancar ASI yang baik dan juga sehat.

Havermouth (Oatmeal)
Havermouth juga salah satu makanan yang memperbanyak ASI. Selain Havermouth itu juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan menjaga tekanan darah serta memicu hormon oxytocin. Hormon ini adalah hormon yang berpengaruh pada produksi ASI. Apabila dikonsumsi secara teratur akan memberikan dampak yang positif.

Melon
Manfaat yang terkandung dalam buah melon ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi. Menambah ASI secara alami bisa dengan olahan melon seperti jus dan bisa juga dimakan langsung. Buah ini bisa dikonsumsi bagi para Ibu menyusui dan agar ASI dapat keluar lebih banyak.

Air
Pada hakikatnya jika tubuh kita kurang cairan, makanan apapun tidak akan banyak membantu. Ibu bisa minum 10-12 gelas air putih sehari, agar produksi ASI lancar dan kondisi tubuh bugar. Meminum air putih dalam jumlah banyak setiap harinya juga bisa membuat ASI menjadi lebih produktif.

Bawang Putih
Penambahan bawang putih bisa diselipkan pada ragam masakan untuk menambah ASI. Jika bawang putih dimakan langsung tentu tidak nyaman di mulut. Cukup menambahkan bawang putih ke dalam masakan sudah cukup untuk menambah ASI. Lagipula penambahan bawang putih ke dalam masakan tentu tidak diracik setiap hari.

Biji Adas 
Manfaat yang tertera pada biji adas dapat mengoptimalkan nutrisi ASI eksklusif yang diberikan untuk bayi. Biji adas dapat diolah dengan cara direbus atau diseduh sebagai minuman. Biji adas ini dapat ditemui di kawasan pedesaan atau wilayah perkampungan.

Kurma
Tidak harus menanti sampai bulan Ramadhan untuk sekedar menikmati kurma. Kenikmatan makan kurma juga bisa mengakibatkan produksi ASI selalu banyak. Rasa manis dan legit masih sangat pas di lidah, dan lagi meski kurma bukan asli Indonesia, tidak sulit untuk mendapatkannya.

Minyak Zaitun
Komposisi vitamin A, C, D E, dan K banyak terkandung pada minyak zaitun. Cara mengolahnya bisa dengan bahan pendukug masakan dan bisa juga langsung diminum sebagai suplemen kelancaran ASI.

Pisang Makanan Penambah ASI
Jangan hanya terpaku pada satu jenis pisang. Nyatanya semua jenis pisang bisa menjadi makanan alami untuk menambah ASI. Apalagi pisang bisa ditemukan di banyak tempat, dan manfaatnya tidak kalah dengan buah yang lain. Buat para ibu yang sedang menyusui, silahkan dinikmati ragam pisang di sekitar Anda.
makanan pelancar asi
sumber gambar: google

Related Posts

Makanan Pelancar ASI
4/ 5
Oleh