Makanan Penyebab Asam Urat

Apakah itu Penyakit Asam Urat?

Perlu diketahui bahwa Penyakit asam urat biasanya ditandai dengan terjadinya radang sendi yang menimbulkan nyeri. Penyakit asam urat ini merupakan kondisi radang sendi yang diakibatkan karena terjadinya  penumpukan kristal asam urat di dalam darah. Selain dapat memengaruhi sendi, kristal asam urat juga dapat menumpuk pada ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

Penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan oleh pasien pada dokter. Umumnya, penyakit asam urat ini banyak sekali diderita oleh pria. Sedangkan pada wanita risikonya meningkat setelah memasuki usia menopause.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa siapa saja dapat mengalami penyakit asam urat ini. Bisa jadi akibat dari mengkonsumsi makanan yang bisa menjadi penyebab asam urat yang di luar batas normal.

Penyebab Utama Asam Urat adalah makanan, oleh karena itulah kita perlu mengenali ragam makanan yang manjadi penyebab asam urat, berikut diantaranya : 

  • Jeroan, Jeroan ini mengandung banyak sekali purin yang bisa menyebabkan terbentuknya kristal asam urat dalam darah.

  • Seafood, Jika kadara asam urat anda tinggi maka anda wajib menghindar makanan jenis seafood seperti ikan sarden, ikan teri dan kerang. Anda bisa pilih jenis ikan salmon, udang, kepiting, lobster dan tiram karena lebih rendah kandungan purin nya. tetapi begitu, pilihanuntuk meninggalkan makanan jenis seafood ini tetaplah yang terbaik

  • Daging Merah, seperti daging sapi maupujn daging domba merupakan penyebab asanm urat tinggi. Sebaiknya daging merah tidak anda konsumsi dan beralih ke daging ayam ataupun bisa mengkonsumsi tempe dan tahu sebagai asupan protein bagi tubuh anda.

  • Daging kalkun dan angsa, Daging kalkun dan angsa ini memiliki kandungan purin yang tinggi jadi sebaiknya anda tinggalkan jika kadar asam urat anda juga tinggi.

  • Sayuran Hijau, seperti bayam, kacang polong dan asparagus memiliki nkandungan purin yang tinggi. Tapi memang tidak akan begitu berpengaruh pada kadar asam urat anda karena sayuran tersebut tidak menambah kadar asam urat anda walaupun anda konsumsi.

  • Minuman beralkohol, sebaiknya hal ini ditinggalkan baik ketika anda sedang sehat ataupun kadar asam urat anda tinggi karena memang minuman ini tidak ada manfaatnya samas ekali bagi tubuh.
Penting sekali bagi kia untuk mengenali makanan penyebab asam urat ini demi kesehatan tubuh kita. Bagi yang sudah terkena asam urat tinggi silahkan kenalai lagi dan tinggalkan makanan yang menjadi penyebab asam urat agar anda sehat selalu dan hidup lebih bahagia.
makanan penyebab asam urat
sumber gambar : google

Related Posts

Makanan Penyebab Asam Urat
4/ 5
Oleh